Home » » Jenis Rumput Untuk Taman

Jenis Rumput Untuk Taman

Posted by Jasa Tukang Taman Profesional on Selasa, 05 April 2016



TIANGGADA_Art   Adalah TUKANG TAMAN SURABAYA dan TUKANG TAMAN JAKARTA yang bergerak dalam bidang jasa desain dan pembuatan taman, suplaiyer tanaman dan RUMPUT taman, pembuatan taman minimalis, jasa pemasangan waterwall dan batu alam Pada setiap pekerjaan pembuatan taman terdiri dari banyak jenis elemen tumbuhan dan bunga yang dipadu padankan serta kombinasi dari berbagai jenis tanaman.
Salah satu elemen tumbuhan yang tak luput dari aplikasi taman adalah rumput, ibarat sayur tanpa garam,
tak lengkap rasanya jika sebuah taman tak ditumbuhi rumput. Ya, sebagai salah satu elemen taman lunak (softscape), rumput tak hanya sekedar berperan sebagai penutup tanah saja. Keindahan tekstur dan warna rumput bahkan mampu menjadi elemen dekoratif yang mempercantik tampilan taman.
Apa saja jenis rumput yang tersedia di pasaran? Banyak! Namun ada beberapa jenis rumput yang memang populer digunakan, seperti rumput jepang atau rumput gajah mini. Masing-masing jenis rumput memiliki karakteristik dan keistimewaannya tersendiri. Nah, silahkan memilih jenis rumput yang sesuai dengan tipe atau karakter taman yang Anda miliki.

Jenis rumput yang umum diaplikasikan pada taman antara lain:
  • Rumput Gajah Mini

Rumput Gajah Mini adalah salah satu jenis rumput yang di tanam di halam rumah.Nama Latin atau nama lain rumput gajah mini yaitu pennisetum purperium schamach. Perawatan rumput gajah mini ini sangat mudah. Cara merawat rumput gajah mini yang pertama dan utama anda lakukan adalah telaten dan ulet menyiram, memupuk dan memangkasnya secara teratur.

Ciri-ciri dari Rumput Gajah Mini yaitu daun hijau pekat, tebal dan sejuk dipandang mata. Mempunyai tepi daun yang keriting merupakan ciri khas dari rumput gajah mini. Panjang daun rumput gajah mini sekitar 5cm bahkan ada yang 10cm, dengan akar sepanjang 5cm-8cm. Rumput gajah mini digunakan  sebagai penutup tanah seperti karper hijau nan alami.Berikut ini gambar rumput gajah mini seperti ciri diatas


  •  Rumput golf


Rumput golf sebagai rumput hias yang digunakan sebagai material pembuatan taman, yaitu berfungsi sebagai tanaman penutup tanah atau Groud Cover, rumput golf tersebut umumnya memiliki karakter sebagai berikut:
  1. Ditanam di taman yang bermedia tanah
  2. Suplayer/ petani menjual material rumput golf untuk taman dari lahan pembibitan yang ditanam di tanah pertanian
  3. Dipanen dan kemudian dijual dalam bentuk lempengan/ paculan sebagai ciri
  4. Rumput golf yang digunakan dengan spesifikasi antara lain rumput jepang/peking, rumput babat, rumput swis yang semuanya memiliki bentuk visual mirip
  5. Harga jual lebih murah
  6. Proses instalasi manual
  • Rumput Gajah

Rumput raksasa ini bernutrisi tinggi dan sejatinya untuk pakan ternak, seperti sapi, kambing dan ternak lainnnya. Namun, rumput yang memiliki nama latin pennisetum purpureum ini bisa juga dijadikan sebagai rumput taman. Walaupun dilihat dari teksturnya yang kurang bagus, tetapi rumput gajah mudah tumbuh dan tahan terhadap pijakan kaki manusia. Sehingga sangat cocok untuk taman yang sering dilalui orang. Rumput gajah pertumbuhannya sangat cepat. Jadi kita mesti rajin memotongnya.


  • Rumput Gajah Varigata

Berbeda dari dua rumput gajah sebelumnya, rumput gajah mini varigata ini terlihat unik. Dari segi penampilan, karakteristik dan teksturnya, rumput gajah mini varigata ini mirip dengan ciri-ciri yang ada di rumput gajah mini. Hanya saja berbeda di warna. Rumput gajah mini hanya memiliki satu warna yaitu hijau. Sedangkan rumput gajah varigata memiliki campuran warna putih pada setiap helai daunnya. Sehingga terlihat bagus untuk taman di rumah. Namun harga rumput gajah mini varigata lebih mahal dari pada rumput gajah mini.


  • Rumput Jepang

Rumput Jepang merupakan salah satu jenis rumput hias yang sering ditanam di halaman rumah untuk memperindah taman. Nama lain Rumput Jepang di daerah lain sering disebut Rumput Jarum atau Rumput Babi dan juga Rumput Peking. Manfaat Rumput Jepang juga digunakan sebagai penahan tanah. Selain itu dengan adanya Rumput Jepang di halaman rumah atau taman kita, akan memperindah taman rumah kita karena tampak hijau seperti karpet yang di gelar di halaman rumah kita. Manfaat lain yaitu mengurangi Efek Global Warming yang belakangan ini sedang marak diperbincangkan.  Ciri-ciri rumput jepang yaitu berdaun hijau seperti duri, tinggi sekitar 5cm dan tumbuh bergerombol.


  • Rumput Swiss

Rumput swiss merupakan rumput berdaun jarum ( halus dan kecil ). Rumput yang biasa di gunakan untuk pembuatan taman untuk taman kantor, taman rumah, taman hotel, taman villa dll.
Rumput ini memiliki kesamaan dengan rumput jepang, dari tekstur daun dan warna pun sangat menyerupai.. rumput swiss berdaun halus dan kecil lebih halus dari rumput jepang / peking, kami petani rumput swiss dan rumput lainnya memiliki lapak untuk penanamannya, menerima pesanan sedikit dan banyak kami siap mengirim dan menanaman ke lokasi yang akan di tanam rumput swiss tersebut.

Demikian beberapa jenis rumput yang biasa di aplikasikan untuk pemasangan taman, namun tentunya masih ada beberapa jenis lagi yang belum kami tulis untuk anda, namun bila anda ingin tahu lebih lanjut anda bisa menghubungi TIANGGADHA_Art Tukang Taman Surabaya dan dapatkan info lebih detail mengenai taman.

Terima kasih telah membaca artikel ini & dipublikasikan oleh Jasa Tukang Taman Profesional